10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal - Dataran tinggi Dieng merupakan sebuah kawasan pegunungan yang terdapat di Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng secara administratif masuk dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan Dieng memiliki berbagai kekayaan alam serta pemandangan yang indah sehingga banyak menarik para wisatawan untuk mengunjungi Dieng.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Singapura

Untuk informasi, dataran tinggi Dieng ini merupakan sebuah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan sebagai pegunungan api yang memiliki beberapa puncak dan kawah. Hal ini menyebabkan di kawasan Dieng plateau terdapat berbagai macam fenomena alam vulkanis yang sangat menarik untuk dipelajari dan diamati.

Dieng memang mempunyai banyak potensi kekayaan alam, selain pemandangannya yang indah, kawasan dataran Tinggi Dieng juga terkenal dengan hasil pertanian dan agrowisata yang menarik. dimana Dieng terkenal dengan penghasil kentang di jawa Tengah. Selain itu di Dieng juga terkenal sebagai penghasil Purwaceng dan Carica yang terkenal di Indonesia.

10 Wisata Dieng Paling Terkenal Wajib Dikunjungi

Oke langsung saja pada artikel ini saya akan membahas tentang obyek wisata wajib dikunjungi terdapat di kawasan Dieng, mulai dari wisata peninggalan sampai muncak ke Gunung. Simak di bawah ini:

1. Bukit Sikunir Dieng


Yang pertama yaitu Bukit Sikunir, Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan, yaitu bukit yang memiliki panorama indah. Kamu bisa menyaksikan terbitnya natahari di bukit ini atau sunrise, Sunrise di Dieng ini menjadi salah satu wisata andalan di Dieng plateau. Waktu terbaik menikmati sunrise di bukit Sikunir Dieng ini yaitu sekitar Bulan Juli dan Agustus dimana pada bulan itu merupakan musim kemarau sehingga tidak ada awal yang menghalangi.

Bukit Sikuner - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Untuk bisa menikmati panorama ini, disarankan kamu bermalam di bukit ini atau datang mulai dari fajar buta, supaya dapat menyaksikan sunrise dari awal sampai akhir. Kamu pasti tidak akan menyesal mengunjungi tempat wisata Dieng ini.

2. Telaga Warna Dieng

Destinasi wisata  Dieng selanjutnya tidak kalah indah, tempat ini terkenal dengan nama Telaga Warna. Telaga Warna di Dieng plateau ini terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan di tempat ini sangat indah. Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia.

Telaga warna Dieng - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Keunikan Telaga Warna Dieng ini terletak pada warna air yang sering berubah-ubah, Bisa berubah menjadi warna merah, hijau, biru atau lembayung. Fenomena alam ini terjadi karena di telaga Warna Dieng ini mengandung kandungan sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terpapar sinar matahari maka akan menghasilkan warna berbeda-beda, tergantung intensitas cahayanya.

3. Telaga Pengilon

Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi Obyek wisata di Dieng Telaga warna tetapi tidak berkunjung ke Telaga Pengilon. telaga Pengilon merupakan telaga yang terletak bersebelahan dengan Telaga warna di Dieng plateau. Uniknya meskipun terletak berdekatan, wisata Dieng Telaga Pangilon ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna.

Telaga Pengilon - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti pada Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.

4. Telaga Merdada

Di Kawasan Dieng ini memang terdapat banyak telaga, seperti telaga warna dan telaga Merdada satu ini. Telaga Merdada merupakan salahsatu telaga yang terkenal di Kawasan Dieng, perairan telaga Mardada ini biasa digunakan untuk pertanian di sekitar.

Telaga Merdada - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Telaga Merdada terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata di Dieng berupa Telaga ini jika dilihat dari bentuknya menyerupai kawah bekas letusan Gunung Berapi, yang kemudian tergenang air di dalamnya, hal ini akan terlihat jelas apabila dilihat dari ketinggian.

5. Kawah Sikidang

Seperti yang disebutkan diawal, Kawasan Dieng merupakan kawasan pegunungan berapi raksasa, dimana Dieng merupakan pegunungan vulkanik. Salah satu tanda dari aktivitas vulkanik tersebut yaitu terdapatnya beberapa kawah di kawasan Dieng. Salah satu kawah di Dieng yang terkenal adalah Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Kawah sikidang memiliki luas sekitar 200 meter persegi. Terletak pada permukaan datar membuat pengunjung dapat dengan jelas melihat kawah ini.Kawah Sikidang ini mengandung kadar belerang yang cukup tinggi, jadi kamu harus berhati-hati.

6. Mendaki Gunung Prau

Gunung Prau memang tidak sepopuler pendakian gunung di sekitarnya seperti Sindoro, Sumbing ataupun gunung lainnya, namun Gunung Prau ini memiliki keistimewaan tersendiri loh, juga memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Jalaur pendakian gunung Prau ini dapat ditempuh melaui Kawasan Dieng atau Kendal.

Gunung Prau - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl, masih rendah dibanding dengan gunung lainnya. Salah satu titik di jalur pendakian Gunung Prau yang terkenal yaitu bukit teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput hijau nan luas, sangat cocok untuk bersantai dan berkemah.

7. Komplek Candi Arjuna

Selain dikenal dengan wisata alamnya yang begitu indah, Kawasan dieng juga terdapat wisata budaya peninggalan nenek moyang, yaitu candi. Tedapat candi yang terkenal di kawasan Dieng ini yaitu candi arjuna. Sebenarnya di kawasan Dieng ini tidak hanya terdapat Candi arjuna saja, namun juga terdapat candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga lokasi ini dikenal dengan nama komplek percandian Arjuna.

Candi Arjuna - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Berdasarkan prasasti yang dulu pernah ditemukan di kompleks Candi arjuna ini, Kemungkinan Candi arjuna dibangun pada awal abad sembilan masehi. Tempat wisata Dieng Candi Arjuna ini selain menawarkan pemandangan berupa candi yang eksotis juga menawarkan pemandangan alam yang nan asri.

8. Gardu Pandang Tieng

Gardu pandang Tieng merupakan sebuah bangunan yang terletak di tepi jalan raya di Kawasan Dieng. Bangunan ini dijadikan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan di Kawasan Dieng dan tenpat bersantai. Pemandangan dari spot ini sangat menarik terutama pada saat pagi hari dan di sore hari.

Gardu Pandang tieng - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Gardu Pandang terletak pada ketinggian 1700 mdpl. Dari tempat ini kamu dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang, serta hamparan lahan pertanian dan pemukiman warga sekitar, pemandangan akan terlihat sangat indah di musim panas.

9. Batu Ratapan Angin

Tempat Wisata Batu Ratapan Angin Dieng merupakan batu pada tebing di ketinggian dan terletak berdekatan dengan Telaga Warna kawasan Dieng Plateau. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit pengunjung, di tempat ini kamu bisa melihat pemandangan dengan jelas dan sebagai spot foto yang kece.

Batu ratapan Angin - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Bisa terbayang kan melihat dua buah telaga dari ketinggian, pasti bagus sekali keindahan alam disini. Namun karena letaknya agak tinggi, butuh tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini. Namun setelah sampai di atas, akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di Batu Ratapan angin ini. Batu Ratapan angin ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

10. Sumur Jalatunda


Sumur Jalatunda di Dieng merupakan salah satu fenomena alam yang sangat menarik untuk dipelajari. Sumur Jalatunda di Dieng ini memiliki diameter 90 meter, dimana menurut para sejarawan Jalatunda terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Bekas kawah tersebut akhirnya membentuk sebuah kawah atau sumur.

Sumur Jalatunda - 10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal

Lambat laun lubang ini terisi dengan air sampai saat ini dan merupakan salah satu wisata Dieng yang sangat potensial. Sumur ini memang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan karena lokasi dari Sumur Jalatunda sendiri tersembunyi dan untuk berkunjung harus melalui 257 anak tanggak terlebih dahulu.

Baca Juga: 8 Kuliner Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba

Demikianlah informasi mengenai 10 Tempat Wisata di Dieng yang terkenal wajib kamu kunjungi. Bila kamu berkunjung ke kawasan Dieng jangan lupa juga untuk mencoba kuliner sekitar, karena banyak kuliner khas yang memiliki rasa otentik khas daerah tersebut.

0 Response to "10 Tempat Wisata di Dieng Paling Terkenal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel