8 Kuliner Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak

Kuliner Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba -  Siapa yang tidak tahu Negeri Malaysia, Negeri Melayu terbesar ini merupakan negara tetangga Indonesia yang masih masuk ke dalam Asia Tenggara dan ASEAN. Malaysia terdiri dari tiga etnis, yaitu etnis melayu, etnis China dan etnis India. Keragaman tersebut membuat Malaysia mempunyai gaya dan beragam kuliner yang berbeda dan unik, walaupun Malaysia digadang-gadang mempunya kesamaan kuliner dengan Indonesia.

Seperti yang saya sebutkan di atas, hadirnya tiga etnis besar di tanah Jiran ini menghasilkan beragam kuliner yang menarik, tentunya kamu patut coba ketika berkunjung di Malaysia karena makanan ini dijamin enak dan halal. Kali ini saya akan berbagi rekomendasi makanan yang harus kamu coba ketika di malaysia.

8 Kuliner Khas Malaysia

Jika kamu sedang berkunjung di Malaysia atau berencana liburan ke sana jangan sampai lewatkan makanan khas Malaysia, lalu apa saja rekomendasi makanan khas malaysia yang perlu dicoba? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Nasi Lemak

8 Kuliner  Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak

Tetntunya kamu tidak asing lagi dengan menu makanan nasi lemak ini. Pasalnya, di Indonesia sendiri menu nasi lemak khas Malaysia ini sudah banyak dijual. Nasi lemak terbuat dari nasi yang direndam di dalam santan atau krim kelapa, kemudian nasi yang direndam akan dikukus hingga matang. Diolah bersama beberapa rempah, seperti daun pandan, jahe, dan sereh yang digunakan untuk menyedapkan aroma nasi lemak ini.

Nasi lemak akan disajikan bersama lauk ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, rendang sapi goreng, sambel goreng teri kacang, sambal sotong dan beberapa gorengan. Rasa dari nasi lemak ini sangat gurih dan tidak sedikit orang Indonesia menganggap nasi lemak percis seperti nasi Uduk khas Indonesia. Kamu akan mudah menemukan penjual nasi lemak ketika di Malaysia.

2. Roti Canai

8 Kuliner  Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak

Makanan khas negeri malaysia selanjutnya adalah Roti Canai, bila kamu berkunjung ke Malaysia kamu wajib mencoba roti satu ini. Konon katanya roti canai merupakan makanan yang dibawa etnis India ke tanah malaysia. Roti canai biasanya disajikan dengan sambal dan kopi seduh. Biasa disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan. Kamu akan sangat mudah menemukan Roti Canai ketika berkunjung di Kuala Lumpur. Selain mempunya rasa dan enak, Roti Canai dijual dengan harga yang sangat ekonomis.

Saran sari saya untuk membeli Roti Canai di penjual yang berada di pinggir jalan, atau penjual rori Canai yang sudah legend. Biasnaya mereka masih menggunakan cara tradisional untuk memasak roti canai, sehingga rasa otentiknya masih bisa didapatkan.

3. Teh Tarik

8 Kuliner  Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak

Siapa yang tidak tahu teh tarik, teh satu ini mempunya keunikan dalam proses pembuatannya. Yaitu tah akan tuangkan sambil ditarik sejauh mungkin. Teknik penarikan ini membuat teh tarik mempunyai rasa yang khas. Walaupun teh tarik ini tersebar luas di daratanAsia lainnya, tapi teh tarik khas malaysia ini mempunyai rasa yang lebih nikmat, apalagi teh tarik ini mempunya harga yang sangat murah. Teh tarik bisa kamu temukan di setiap rumah makan di sana.

Teh tarik juga sangat cocok untuk diminum di pagi hari sebagai teman sarapan kamu, dibarengi makan Roti canai. Bila kamu sedang berlibur di Malaysia dan tidak mencoba Teh Tarik khas malaysia maka liburan kamu belum afdol.

4. Nasi Kerabu

8 Kuliner  Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak

Nasi Kerabu merupakan salahsatu kuliner khas Negeri Jiran yang selalu diburu oleh para wisatawan yang sedang berlibur di sana. Hidangan satu ini terbilangan unik karena mempunyai dominasi warna kebiruan, sehingga banyak orang penasaran dengan rasa nasi kerabu ini. Warna biru tersebut bukan karena pewarna makanan buatan atau karena nasi sudah basi atau jamuran, tetapi dihasilkan dari kelopak bunga kerabu pada saat proses pemaskaan nasi.

Hidangan nasi kerabu biasanya menjadi santapan utama bersama lauk-laukan, seperti ikan kering, ayam goreng, telur asin, kerupuk udang, ayam bakar dan berbagai jenis sayuran. Namun sayangnya saat ini tidak banyak lagi orang yang menjual nasi kerabu yang otentik berwarna biru, karena sulitnya menemukan bunga untuk pewarna alaminya. Mungkin kamu akan sedikit kesulitan mencari nasi kerabu ini ketika di Malaysia.

5. Asam Laksa Penang

8 Kuliner  Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak

Seperti halnya Singapura yang memiliki hidangan Laksa khasnya, Malaysia juga memiliki hidangan Laksa yang tidak kalah menarik, yaitu Asam laksa Penang. Makanan ini terdiri dari mie atau bihun atau juga kwe tiaw yang kemudian disiram dengan kuah khas bertekstur kental dan memiliki rasa asam pedas. Kemudian, hidangan ini ditaburi dengan topping ikan, selada, nanas, mentimun, bawang goreng dan cabai.

Asam laksa Penang adalah kombinasi dari masakan China dengan masakan Penang Melayu. Makanan ini memiliki rasa asam  pedas yang begitu segar di mulut dan tentu sangat lezat. Bagi kalian penggemar makanan pedas, tentu tidak boleh sampai melewatkan kuliner yang satu ini.

6. Ayam Percik

8 Kuliner  Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak

Ayam percik adalah kuliner berbahan dasar ayam yang direndam pada bumbu dari beragam jenis rempah. Di Malaysia terkenal dua jenis ayam percik yang dibedakan berdasarkan tempatnya, yakni Kelantan dan Trengganu. Perbedaannya adalah jenis ayam percik Kelantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan beberapa rempah, bsedangkan ayam percik Trengganu dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas dan menggugah selera.

Ketika dipanggang, ayam percik diberi bumbu khas dengan cara dipercikkan, dari situlah ayam percik ini diberi nama Ayam Percik. Setelah selesai dipanggang, ayam tersebut akan dibalur kembali dengan bumbu yang kaya akan rempah untuk menambahkan aroma dan cita rasa yang lebih.

7. Char Kway Teow

8 Kuliner  Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak

Bila Indonesia punya Kwe Tiau, maka Malaysia memiliki char kway teow. Kuliner satu ini adalah olahan kwetiau goreng versi Malaysia, yang juga terkenal di Singapura. Mie digoreng pada wajan bersama bahan pelengkap seperti telur, udang, kerang, daun kucai, sosis, bakso ikan dan tauge.

Bumbu char kway teow juga tak jauh berbeda dengan bumbu kwetiau di Indonesia, seperti bawang putih, kecap manis, kecap ikan dan sambal. Di beberapa daerah di Malaysia char kway teow bisa ditemui dengan tambahan daging kepiting. Meskipun makanan ini enak dan terbuat dari bahan-bahan penuh gizi, namun kalian harus berhati-hati karena makanan ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

8. Nasi Daun Pisang India

8 Kuliner  Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak

Walaupun nasi daun pisang ini berasal dari India, nasi daun pisang sudah menjadi makanan khas Malaysia yang patut kalian coba ketika berkunjung ke Ngeri Jiran ini. Dari namanya sendiri kita sudah bisa menebak bahwa nasi ini tentunya dihidangkan di atas daun pisang. Awal mulanya, kuliner ini berasal dari daerah di India, yang kemudian dibawa ke Malaysia melalui pedagang India yang sedang merantau di negeri Jiran ini.

Untuk roses penyajiannya sendiri terbilang unik, pertama daun pisang akan direntangkan terlebih dahulu di meja pelanggan. Kemudian pelayan akan akan menuangkan nasi pada daun pisang tadi, setelah itu pelauan lain akan menungakan lauk pauk, sayur, sambal dan makanan khas India lainnya pada daun pisang tersebut.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Singapura

Untuk melengkapi liburanmu di Malaysia, jangan lupa untuk mencicipi semua rekomendasi makanan khas Malaysia yang sudah disebutkan satu-persatu di atas. Pastinya tidak akan sulit untuk menemukan tempat yang menjual makanan khas malaysia tadi. Masih banyak makanan khas Malaysia yang akan kami ulas di artikel berikutnya.

0 Response to "8 Kuliner Khas Malaysia Yang Perlu Kamu Coba, Halal dan Enak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel